Memilih kayu jati yang baik

Untuk mengetahui bahwa sebuah mebel kayu berkualitas adalah dengan cara melihat jenis kayu yang digunakan, konstruksi mebel itu dibangun, dan sentuhan akhirnya atau finishing yang diaplikasikan. Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku sangat mempengaruhi umur mebel
Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mebel kayu, ketahuilah apakah mebel tersebut dibentuk dari kayu keras. Mebel berbahan kayu mahoni (Swietenia mahagoni)mempunyai serat yang indah dan tekstur permukaan yang sangat halus, walaupun dengan kualitas finishing yang standart. Bagi orang yang mengerti kualitas kayu, mebel berbahan kayu merbau atau kayu ipil menjadi pilihan yang cerdas, karena kayu ini mempunyai kualitas tinggi (termasuk kayu kelas awet dan kuat I, II). Kayu jati sering di anggap sebagai kayu dengan serat dan tekstur paling indah. Kayu jati terbukti tahan terhadap jamur dan hama kayu karena kandungan minyak di dalam kayu jati itu sendiri. Karena tidak ada kayu lain yang memberikan kualitas dan penampilan sebanding dengan kayu jati, maka hingga saat ini mebel kayu jati paling disukai oleh konsumen. Biasanya jenis kayu ini dikeluarkan oleh PERHUTANI. Jenis mebel jati yang kedua adalah jenis mebel jati dari kayu yang berasal dari hutan rakyat atau kayu jati yang ditebang dari kebun pribadi milik rakyat. Kayu yang kurang berkualitas dihasilkan dari kayu yang ditebang pada umur muda dan berdiameter kecil. Jenis ini adalah produk mebel kayu jati yang dicampur dengan kayu bukan jati. Biasanya dicampur dengan kayu lamtoro, kayu akasia atau bahan kayu lain yang mempunyai serat dan warna sekilas mirip dengan kayu jati. Biasanya supplier yang nakal melakukan hal ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena harga kayu lamtoro dan kayu akasia jauh lebih murah. Untuk membedakan kayu ”aspal” ini dari kayu jati bisa dilihat dari warna dan seratnya serta baunya yang tidak khas kayu jati. Lebih-lebih kalau produk mebel kayu jati jenis ini sudah difinishing dengan warna yang gelap.
Satu produk mebel jati yang saya masukkan juga ke kelas ini adalah produk mebel kayu jati yang dari penampilannya 100 % kelihatan sebagai mebel jati, namun sebenarnya pada bagian-bagian tertentu, mebel kayu yang kelihatan sebagai kayu jati dari luar, tenyata didalamnya adalah kayu bekas bangunan atau kayu bukan jati lainnya dan hanya ±5 mm pada bagian luar merupakan papan jati.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s