Ciri Khas Mebel Jati

Bagi mereka yang sudah pernah membeli mebel yang terbuat dari kayu jati tentu memilih produk yang berkualitas dan asli bukan satu tantangan yang sulit. Sebaliknya, bagi mereka yang masih awam atau tidak pernah membeli akan menjadi satu persoalan yang cukup rumit dikarenakan aneka produk yang ditawarkan melalui beberapa toko membuat pilihan menjadi tidak mudah. Lantas, adakah cara yang tepat untuk dapat mensiasatinya agar terhindar dari mebel yang palsu.
Perlu diketahui bahwa produk kayu jati juga terdapat pengelompokan yang disesuaikan dengan klasifikasi. Adapun klasifikasi ini akan membuat perbedaan harga dari mebel yang ditawarkan dimana semakin teratur alur kayu serta warna yang cenderung seragam akan membuat harga semakin mahal. Bahkan, banyak juga toko atau penyedia mebel tidak menyediakan jenis mebel ini karena sangat sulit dalam menemukan jenis kayu tersebut.
Namun yang pasti, ciri mebel jati memang terletak pada serat kontur yang diberikan seperti jati serat lurus, mata sehat, serat mahkota, serat putih, dan serat doreng. Perlu dperhatikan bahwa serat mata mati pada kayu sebaiknya dihindari sebab kayu dengan jenis ini sangat mudah patah. Begitu juga dengan kayu yang berlubang dapat membuat daya tahan kayu menjadi rapuh. Warnanya yang cenderung coklat muda karena telah terpapar dalam kurun waktu lama dengan kondisi terbuka juga menjadi ciri khas. Aromanya yang sangat lembut terlebih saat mebel tersebut masih dalam tahap pembuatan sangat merebak.
Kemudian, ciri mebel jati lainnya yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam memilih mebel adalah pori-pori yang cenderung padat yang menunjukkan kekuatan pada kayu tersebut. Begitu juga dengan teksturnya juga sangat dekoratif dan terbentuk dengan begitu natural sehingga tampak indah.
Pentingnya mengetahui ciri mebel jati agar konsumen tidak terjebak dengan maraknya penipuan berupa mebel palsu yang banyak tersebar di berbagai lokasi. Karena mebel yang terbuat dari bahan bukan dari kayu jati cenderung tidak tahan lama, warna yang diberikan pun tidak natural serta mudah patah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s