Pertumbuhan Jamur Pada Kayu

Dalam hal hubungannya dengan kayu, terdapat 4 syarat utama sebelum jamur bisa berada pada kayu, yaitu: suplai oksigen, suhu udara antara 5-38 °C, kelembaban udara tinggi dan tentunya keberadaan kayu. Kita cukup mengatasi salah satu syarat tersebut untuk menghindarkan kayu pada perabot atau kontruksi bangunan rumah dari jamur.
Suhu udara yang dibutuhkan oleh jamur untuk hidup ternyata berada pada range yang sama dengan manusia dan makhluk hidup lainnya. Bahkan pada beberapa tipe jamur bisa hidup pada suhu di bawah 0 °C. Sehingga pada bagian ini sama sulitnya untuk dibatasi.
Metode yang paling efektif adalah menjaga agar kayu tersebut tetap kering. Kebanyakan jamur mulai hidup pada kayu yang memiliki MC level di atas 20%. Di bawah level tersebut, sangat sulit bagi jamur untuk mulai menjalar.
Furniture
Untuk perabot di dalam ruangan, dengan kondisi udara yang cukup stabil dan kelembaban udara yang cukup rendah masih memungkinkan terhindar dari jamur, atau bisa dikatakan mudah menghindarkan perabot dari tumbuhnya jamur. Terdapat beberapa jenis kayu yang telah memiliki zat kimia alami yang berupa ‘racun’ bagi jamur sehingga tidak ada jamur yang bisa menyerang walaupun 4 syarat tersebut di atas terpenuhi. Contoh jenis kayu di Indonesia misalnya Jati, Ebony dan Ulin.
Bagaimanapun juga ketersediaan jenis kayu tersebut juga terbatas karena semakin banyak orang yang membutuhkan dan terbatasnya waktu tumbuh bagi jenis pohon tersebut yang minimal berusia 30 tahun untuk bisa ditebang dan diproses menjadi kayu industri.
Konstruksi Bangunan
Lalu bagaimana dengan kayu yang digunakan oleh para arsitek untuk membangun konstruksi atap rumah, kusen & pintu atau pergola? Kita bisa kembali melihat 4 syarat utama kehidupan jamur dan cara yang paling memungkinkan adalah dengan menjaga agar kayu tetap kering pada kelembaban yang stabil dan tidak terlalu tinggi. Dalam hal ini solusi yang paling mudah dengan membuat sistem ventilasi yang baik pada ‘ruangan’ di mana konstruksi tersebut berada untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam ‘ruang’ konstruksi tersebut.
Mendeteksi Kehadiran Jamur
Perhatikan beberapa titik di seluruh area produksi furniture, di dalam rumah anda atau gudang penyimpanan yang berpotensi bocor pada saat hujan maupun kebocoran dari saluran air. Hal ini bisa menjadi sumber timbulnya jamur pada kayu stok, barang dalam proses dan furniture di dalam rumah anda.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s