Peranan hutan

Hutan sangat penting bagi kehidupan di muka bumi, terutama bagi kehidupan generasi mendatang. Untuk mencegah keselahan dalam pengolahan hutan, maka fungsi hutan harus dipelajari dan dimengerti secara holistik (utuh). Manfaat hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Coba bandingkan, manusia pada jaman dahulu, mencari makan dengan cara berburu dan mengumpulkan tanaman liar di hutan. Mereka juga tinggal di hutan, menjadi bagian alami dari hutan. Manusia sekarang ini lebih banyak merusak hutan akan tetapi tidak memanfaatkan hutan itu secara baik, ada pun manfaat hutan dan fungsi hutan itu sendiri yaitu hutan sebagai pelindung hutan sebagai produksi
Hutan yang bermanfaat sebagai produksi ini memiliki peran penting bagi kehidupan manusia didalam bidang perekonomiannya, karena produksi hutan dapat menigkatkan pembangunan ekonomi dan kemakmurannya. Akan tetapi harus memiliki asas-asas kelestarian hutan itu sendiri yang mencakup yaitu: aspek penanaman, aspek pemeliharaan, pemungutan hasil, pengolahan, dan pemasaran hasil hutan. hutan sebagai tempat wisata
Hutan bisa di manfaatkan sebagai tempat wisata tempat rekreasi bagi masyrakat, adapun kawasan hutan yang biasa di jadikan sebagai tempat rekraesi yaitu:
1. Kawasan hutan suaka alam
 Cagar alam
Cagar alam adalah kawasan suaka alam yang keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan,satwa dan ekosistem tertentu yang layak untuk dilindungi dalam perkembangannya secara alami.
Suaka margasatwa adalah kawasan suaka alam yang mempunyaiciri khas berupa keaneka ragaman dan keunikan satwa, sehingga sangat penting bagi ilmu pengetahuan, kebudayaan dan keindahan.
2. Kawasan pelestarian alam
Kawasan pelestarian alam merupakan kawasan yang sangat luas dan relatif tidak terganggu, kawasan pelestarian alam di bedakan menjadi beberapa kawasan sebagai berikut:
Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dikelola dengan sistem zonasi.
 Taman hutan raya (TAHURA)
Taman hutan raya adalah kawasan pelestarian alam yang bertujuan untuk mengkoleksi tumbuhan dan/atau satwa alami atau buatan, jenis aslinya bisa dimanfaatkan kepentingan penelitian,ilmu pengetahuan,dan pariwisata.
 Taman wisata alam
Taman wisata alam adalah kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan bagi pariwisata dan rekreasi alam

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s