Tips Ampuh Membasmi Rayap pada Furnitur di Rumah

Kita tentu sering melihat bagaimana furnitur yang ada di rumah kita menjadi lapuk dan kemudian retak. Furnitur tersebut rata – rata berbahan kayu. Rayap adalah salah satu faktor yang mempercepat kerusakan furnitur kayu tersebut. Rayap yang hidup berkelompok mampu mengikis furnitur berbahan kayu, menjadikannya lebur dalam serbuk yang halus, dan mengakibatkan furnitur menjadi keropos hingga rusak dan patah.
Tidak butuh waktu lama bagi rayap untuk melakukan hal ini. Kadang, proses ini hanya berlangsung dalam hitungan bulan. Pemilik biasanya tak akan menyadari sampai adanya tanda seperti serbuk kayu di sekitar furnitur.
Karena furnitur merupakan salah satu properti berharga yang ada di rumah, ada baiknya kita menjaganya dari ancaman rayap. Namun bila rayap ini sudah terlanjur hadir di furnitur atau struktur rumah Anda, berikut ini Cara Pencegahan rayap agar tidak menghinggapi furniture
1. Jaga agar rumah / furnitur tetap kering
Rayap merupakan hewan yang menyukai area yang lembab sebab hewan ini membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup. Untuk itu, diperlukan kondisi rumah yang kering untuk menghindarkannya dari serangan rayap. Jangan biarkan ada genangan / rembesan air yang muncul, terutama di sudut – sudut ruangan yang berdekatan dengan area luar atau sumber air.
2. Tutup setiap retakan atau celah yang ada, baik di furnitur maupun di struktur rumah
Retakan atau celah yang muncul pada furnitur bisa dimanfaatkan oleh rayap untuk hidup dan berkembang dengan mengambil intisari pada furnitur tersebut. Maka, usahakan jika Anda menemukan retakan atau celah, tutup segera dan jangan sampai dihinggapi rayap.
3. Pasang screen
Memasang screen dianjurkan agar rayap tidak mudah memasuki rumah. Screen bisa dipasang di area – area yang menjadi batas dengan wilayah luar, misal pintu, jendela, hingga saluran air.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s