Kerajinan Jepara

Siapa yang tak kenal dengan ukiran jepara.yang merupakan salah satu kerajinan jepara yang tersohor di Indonesia,bahkan dibelahan seluruh dunia.Ukiran-ukiran yang terbuat dari kayu dengan detail ukiran yang indah sangat cocok untuk menghiasi sudut-sudut maupun ruang rumah anda.Entah itu untuk sebuah rumah yang bergaya modern maupun yang bergaya tradisional.Kerajinan Jepara dari ukiran banyak diburu dan disukai,ini disebabkan dari keunikan gaya ukir yang mempunyai ciri khas serta detail ukiran pada tiap-tiap sisi kayu .
Minat dan antusias terhadap mebel jepara yang bermotif ukiran semakin banyak,dikarenakan dari motif ukiran klasik dan modern,juga keungggulan yang lain yaitu mempunyai daya lebih tahan lama,jika dibandingkan dengan perabot kayu yang lain.,dan biasanya sampai bertahun-tahun,serta tidak mudah dimakan rayap.
Penggunaan furniture ukiran jepara tidak hanya di rumah atau gedung, kantor dan tempat-tempat lainnya di dalam negeri,tapi diminati masyarakat dari luar negeri.
Masih eksisnya dan bertahannya ukiran jepara tersebut hingga saat ini, karena tidak pernah ada kesamaan di antara produknya. Antara ukiran yang satu dengan lainnya mungkin mirip, tapi tak pernah ada yang sama atau identik.
Ketika ingin memiliki ukiran dari Kerajinan Jepara,sama saja dengan mengoleksi produk bernilai seni dan estetika tinggi tiada ada duanya.
Jadi kalau diproduksi secara massal atau besar-besaran suatu jenis produk ukiran tersebut, maka kita tidak bisa menemukan produk yang sama.Tentunya ini yang membuat para pencinta seni ukiran dari Kerajinan Jepara terus mencari koleksi-koleksi terbaru yang dikerjakan dari tangan-tangan lihai.
Selain itu,seni ukiran Jepara sudah hadir sejak zaman Majapahit dan sampai kini terus berkembang, baik dari sisi desain dan gambar motif ukiran,fungsi maupun estetikanya.Hingga sampai kini rata-rata warga asli Jepara masih menekuni kegiatan kerajinan ukiran.Dan tidak hanya warga asli, warga luar kota,bahkan warga asing sudah bergerak di bisnis furniture mebel ukiran.
Dari segi desain,gambar dan motif ukiran,proses pembuatan hingga kualitas produk yang tercipta,ukiran Jepara memang belum ada duanya, karena sebuah karya tiada duanya.Tidak ada yang bisa membuat atau meniru ukiran tersebut asli sehingga sama.
Sampai saat ini, produksi mebel dan kerajinan ukiran Jepara masih berjalan baik.Bahkan, pengrajin dan tempat produksi tidak lagi hanya berdomisili di kota ini, tapi sudah menyebar di kota-kota besar di Indonesia. Meskipun pengrajin dan pengusaha ukiran tersebut tetap orang asli daerah ini.
Meski mengandalkan keterampilan manual,bukan berarti Ukiran Jepara tidak mempunyai keunggulan.Nilai tambahnya justru karena masih banyaknya sentuhan tangan tersebut.Khususnya pada seni ukir yang terpahat di produk mebel ukiran kayu.
Kerajinan Jepara seakan tak lekang dimakan zaman.Lihat saja, baik dari seni ukirannya atau mutu bahannya, jenis kayu asal kota kelahiran R.A Kartini ini adalah jenis yang diakui sebagian kalangan untuk membuat perabotan yang terbaik.
Mulai dari tempat tidur, lemari, kursi tamu hingga pigura.Tak heran sebagian besar kalangan memilih menghiasi rumahnya dengan Ukiran dari Kerajinan Jepara.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s