Kayu mahoni

Pohon Mahoni merupakan tanaman tahun yang menghasilkan kayu yang keras dengan permukaan yang halus berwarna kuning kemerahan.
Pohon mahoni dengan batang bulat dan kulit bersisik tumbuh di daerah tropis, dan banyak ditanam di pinggir- pinggir jalan sebagai pohon peneduh karena pohon ini termasuk tanaman yang membutuhkan tatapan sinar matahari langsung dan dapat hidup di tanah gersang karena pohon ini mampu bertahan hidup walaupun berbulan bulan tidak tersiram air.
Masa tumbuh pohon mahoni tergolong lebih cepat, idealnya 10 – 12 tahun pohon ini sudah bisa ditebang untuk diambil kayunya.
Dengan pertimbangan masa tumbuh yang pendek, kayu mahoni ini banyak dibudidayakan oleh kebanyakan mereka yang memiliki pekarangan yang kosong dan menjualnya di galangan- galangan kayu, walaupun harga kayu mahoni tergolong lebih murah.
Disamping itu kayu mahoni juga ditanam di perkebunan- perkebunan di pulau Jawa, juga banyak dibudidayakan di hutan- hutan produksi yang dikelola oleh perum perhutani
Sehingga persediaan kayu mahoni ini khususnya di pulau Jawa, masih cukup banyak.
Bagi kehidupan pohon mahoni termasuk tanaman yang sangat banyak manfaatnya yaitu daunnya bisa digunakan sebagai makanan ternak, biji mahoni oleh kebanyakan orang digunakan sebagai obat,
sedangkan batangnya yang menghasilkan kayu yang keras bisa digunakan untuk bahan mebel.
Pada saat ini kayu mahoni banyak dipilih oleh para pedagang kayu untuk digunakan sebagai bahan bangunan seperti blandar, usuk dan plafon karena harganya yang lebih murah.
Para pengrajin mebelpun juga tidak mau ketinggalan, mereka juga banyak yang memilih kayu mahoni ini untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kesen, daun pintu, dan barang – barang mebelnya, disamping harganya kayu mahoni ini lebih murah bila dibanding dengan kayu jati, kayu mahoni ini juga memiliki serat dan tekstur kayu yang halus berwarna kuning kemerahan,
Sehingga memiliki nilai jual yang bagus dipasaran mebel.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s